50 Soal Pilihan Ganda Informatika Bab 1-2 Kelas 7

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Heyyo! Ini soal-soal pilihan ganda pelajaran Informatika Bab 1 dan 2 Kelas 7. Soal-soal ini bisa kalian gunakan untuk latihan ulangan atau untuk memperdalam materi informatika.



  • Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat

1. Ilmu informatika adalah...

a.            Perhitungan dengan menggunakan komputer

b.            Bidang ilmu mengenai studi perancangan dan pembuatan sistem komputasi

c.            Membina budaya kerja masyarakat digital dalam tim yang inklusif

d.            Mengembangkan dan menggunakan abstraksi



2.  Apa istilah Informatika dalam bahasa Inggris?

a.            Computer

b.            Science

c.            Computer Science

d.            Information Technology


3.  Masyarakat di era industri 4.0 disebut… 

a.            Society 4.0

b.            Society 5.0

c.            Society 6.0

d.            Society 7.0


4.   Apa itu berpikir komputasional?

a.            Suatu kerangka dan proses berpikir yang mencakup perangkat lemah, perangkat                 padat, dan menalar (reasoning) mengenai sistem dan persoalan

b.            Suatu kerangka dan proses berpikir yang mencakup perangkat lemah, perangkat                 lunak, dan menalar (reasoning) mengenai sistem dan persoalan

c.            Suatu kerangka dan proses berpikir yang mencakup perangkat keras,                         perangkat lunak, dan menalar (reasoning) mengenai sistem dan persoalan

d.            Bidang ilmu mengenai studi perancangan dan pembuatan sistem komputasi

 

5. Yang termasuk sebagai Profil Pelajar Pancasila adalah..

a.            Sombong

b.            Adil

c.            Pemalas

d.            Kreatif


6. Agar bekerja dalam kelompok menjadi efisien dan efektif, hal-hal yang harus kita lakukan adalah..

a.            Tidak mengerjakan sesuai tugas yang diberikan

b.            Tidak memilih ketua kelompok

c.            Mengerjakan peran teman 

d.            Pembagian peran

 

7. Informatika mencakup...

a.            Keilmuan, rekayasa budaya, dan teknologi

b.            Keilmuan, rekayasa sosial, dan teknologi

c.            Keilmuan, rekayasa, dan teknologi

d.            Keilmuan, rekayasa genetika, dan teknologi

 

8. Pemanfaatan TIK sebagai alat pembelajaran dalam dunia pendidikan tidaklah cukup karena saat ini dunia global telah memasuki era revolusi industri..

a.            Generasi kedelapan

b.            Generasi ketujuh

c.            Generasi keempat

d.            Generasi keenam 

 

9. Yang harus dilakukan sebelum bekerja kelompok adalah …

a.            Bermain bersama

b.            Membuat perencanaan kerja kelompok

c.            Memesan gofood untuk makan bersama teman sekelompok

d.            Jalan-jalan

 

10. Berikut ini adalah contoh profil pelajar pancasila, kecuali..

a.            Daya nalar kritis

b.            Kreatif siswa

c.            Tidak bergotong royong

d.            Berkebhinekaan global

 

11. Apa fungsi pola?

a.            Untuk mengedukasi, himbauan, ajakan, dan lainnya

b.            Untuk menyampaikan sebuah gagasan atau ide dengan maksud tertentu 

c.            Untuk mengorganisasi dan menganalisa suatu data

d.            Untuk mendefinisikan sebuah bentuk atau struktur yang tetap

 

12.  Mengapa kita perlu belajar informatika?

a.            Agar bisa menjadi pro player Mobile Legend

b.            Mempersiapkan diri di era digital

c.            Untuk menambah teman

d.            Menambah wawasan tentang perakitan komputer

 

13. Apa isi sebuah infografis? 

a.            Video berupa penjelasan suatu materi

b.            Ringkasan sebuah materi

c.            Informasi teks dan gambar atau grafik lain

d.            Penggambaran atau ciri-ciri sebuah obyek, hal, atau peristiwa

 

14. Apa salah satu contoh aspek informatika?

a.            Membina budaya kerja masyarakat digital dalam tim yang eksklusif

b.            Merendahkan rencana pengujian dan mendokumentasikan hasil artefak komputasi

c.            Memahami persoalan dan tujuan bersama

d.           Mengembangkan dan menggunakan abstraksi

 

15. Informatika merupakan sebuah disiplin ilmu yang mencari pemahaman dan mengeksplorasi dunia..

a.            Sekitar rumah

b.            Sekitar kita

c.            Sekitar sekolah

d.            Sekitar masyarakat

 

16. Apa yang dimaksud dengan algoritma?

a.            Pola atau konsep untuk mendefinisikan sebuah bentuk atau struktur yang tetap

b.            Sistem berisi langkah-langkah untuk mengerjakan sesuatu

c.            Bagian-bagian komputer, perangkat lunak, perangkat keras, dan data

d.            Menyelesaikan persoalan sehari-hari menggunakan konsep keilmuan dan sains

 

17. Hal yang diperhatikan untuk melakukan presentasi adalah...

a.            Alat bantu (pointers)

b.            Kata kunci di presentasi

c.            Jumlah slide presentasi harus melebihi 5 slide

d.            Estetika ruang presentasi

 

18. Berikut ini, yang bukan merupakan salah satu bidang ilmu informatika adalah…

a.            Sistem Komputasi (SK)

b.            Jaringan Komputer dan Internet (JKI)

c.            Praktika Lintas Bidang (PLB)

d.            Algoritma dan Data (AD)

 

19. Sistem komputer pada hakikatnya meniru dunia ini untuk dijadikan dunia digital sehingga bisa membantu peran..

a.            Manusia 

b.            Hewan

c.            Tumbuhan

d.            Robot

 

20. Fondasi berpikir komputasional dikenal dalam ilmu informatika yaitu..

a.            AADP (Abstraksi, Algoritma, Dekomposisi, dan Pola)

b.            PPDA (Pola, Praktik, Data, dan Algoritma)

c.            APPD (Algoritma, Panduan, Prinsip, dan Dekomposisi)

d.            ADPA (Abstraksi, Data, Panduan, dan Algoritma)

 

21. Berikut adalah konsep kurikulum Informatika kelas 7, kecuali...

a.            Berkolaborasi untuk melaksanakan membina tugas dengan tema komputasi

b.            Mengetahui dampak informatika secara sosial dan sains (DSI)

c.            Mengembangkan dan menggunakan abstraksi dengan baik

d.            Mengenal sejarah dan perkembangan informatika dari masa ke masa

 

22. Berpikir Komputasional: dalam materi ini, kalian akan belajar menyelesaikan persoalan-persoalan sehari-hari yang di baliknya mengandung berbagai macam konsep keilmuan, kecuali...

a.            Matematika

b.            Sains

c.            Ilmu sosial

d.            PPKN

 

23. Yang harus dihindari dalam bekerja kelompok adalah…

a.            Melakukan pembagian tugas kepada setiap anggota kelompok

b.            Berselisih akibat perbedaan pendapat

c.            Ketika terdapat perbedaan pendapat, langsung dilakukan musyawarah

d.            Bekerja sama untuk menumbuhkan sikap bergotong royong

 

24. Di bawah ini yang merupakan jawaban yang kurang tepat dari tujuan infografis adalah …

a.            Mengedukasi masyarakat 

b.            Lebih mudah dipahami

c.            Lebih sulit dipahami

d.            Menghimbau masyarakat

 

25. Dengan berpikir komputasional, kita dapat menyelesaikan suatu masalah dengan …

a.            Cara yang sangat rumit dan memakan banyak waktu

b.            Cara yang paling efisien dan menghasilkan pekerjaan yang baik

c.            Cara yang cepat namun mendapatkan hasil yang kurang sempurna

d.            Cara yang sulit dipahami

 

26. Komputer banyak dipergunakan dalam kehidupan sehari-hari untuk mempermudah kehidupan, atau membantu penyelesaian berbagai permasalahan yang kita hadapi. Cara kerja komputer menyerupai cara kerja…

a.            Manusia

b.            Robot

c.            Hewan

d.            Tumbuhan

 

27. Apa itu komputasi dalam matematika?

a.            Penghitungan dengan menggunakan komputer

b.            Bidang ilmu mengenai studi perancangan dan pembuatan sistem komputasi

c.            Penghitungan dengan menggunakan simbol selain peubah-peubah yang                               dilaksanakan sesuai langkah yang diberikan

d.            Penghitungan dengan menggunakan bilangan-bilangan atau peubah-peubah yang dilaksanakan berdasarkan urutan langkah yang diberikan

28. Dalam kehidupan sehari-hari, terkadang kita perlu mengatur jadwal untuk berbagai kegiatan. Cara untuk mengatur jadwal tersebut adalah dengan…

a.            Membuat daftar/to-do list

b.            Optimasi penjadwalan

c.            Pembuatan data dan skema di komputer

d.            Berpikir komputasional

 

29. komponen yang dirangkai sehingga dapat bekerja dengan cara yang mirip dengan manusia bekerja disebut…

a.            TV

b.            Komputer

c.            Motor

d.            Mobil

 

30. Berikut ini yang merupakan ciri profil pelajar pancasila, kecuali..

a.            Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME

b.           Tidak kreatif

c.            Mandiri

d.            Bergotong royong

 

31. Setelah melalui Berapa tahun Informatika telah menjadi salah satu disiplin ilmu yang saat ini sudah berdiri sendiri selama…

a.            45 tahun

b.            76 tahun

c.            20 tahun

d.            59 tahun

32. Informatika adalah salah satu disiplin ilmu yang telah lama berdiri. Bidang ilmu informatika mempelajari…

a.            Ilmu hitam

b.            Ilmu sihir

c.            Ilmu sains

d.            Ilmu komputer

 

33. Daftar belanja ibu yang dibawa ketika ibu akan ke pasar dan daftar nama siswa dalam sebuah kelas merupakan…

a.            Optimasi penjadwalan

b.            Representasi data

c.            Struktur data

d.            Sistem algoritma

 

34. Salah satu kegiatan dalam kehidupan sehari-hari yang dibantu oleh komputer adalah…

a.            Mengikuti pembelajaran dengan aplikasi zoom meeting

b.            Membaca buku

c.            Menulis cerita di buku tulis

d.            Bermain lompat tali 

 

35. “Dalam kehidupan sehari-hari, sering kali kita dihadapkan pada banyak pilihan. Pilihannya bisa terdiri atas dua kemungkinan atau lebih. Jika hanya terdiri atas dua kemungkinan, biasanya jawabannya adalah ya atau tidak. Sebagai contoh: Apakah hari ini kalian sarapan roti? Jawabannya ialah ya atau tidak.” Pernyataan tersebut adalah contoh dari…

a.            Representasi data

b.            Struktur data

c.            Optimalisasi penjadwalan

d.            Algoritma dan pemrograman

 

36. Yang dimaksud dengan efisien menurut KBBI adalah…

a.            ada efeknya (akibatnya, pengaruhnya, kesannya); dapat membawa hasil; berhasil   guna (tentang usaha, tindakan); mangkus.

b.            tepat atau sesuai untuk mengerjakan (menghasilkan) sesuatu (dengan tidak membuang-buang waktu, tenaga, biaya); mampu menjalankan tugas dengan tepat dan cermat; berdaya guna; bertepat guna; sangkil.

c.            melakukan pekerjaan dengan cepat dan membuahkan hasil yang kurang sempurna.

d.            membuang-buang waktu dengan melakukan pekerjaan menggunakan cara yang   rumit dan tidak efektif.

 

37. Buku Kerja Siswa adalah...

a.            Hasil kerja siswa selama 3 tahun

b.            Hasil kerja siswa selama 1 tahun

c.            Hasil kerja siswa selama 1 semester

d.            Hasil kerja siswa selama 1 bulan

 

38. Di bawah ini yang tidak termasuk 7 aspek informatika adalah...

a.            Mendokumentasikan hasil artefak komputasi

b.            Berkolaborasi untuk melaksanakan tugas dengan tema Komputasi

c.            Mengembangkan dan menggunakan abstraksi

d.            Mengembangkan bakat menulis secara digital

 

39. Seorang peserta pertandingan olahraga diperbolehkan mengikuti pertandingan jika sudah menyerahkan formulir pendaftaran dan lolos dari pemeriksaan kesehatan adalah contoh dari…

a.            Algoritma berupa pola dan aturan tertentu

b.            Optimasi penjadwalan untuk melakukan pekerjaan secara efektif

c.            Strukturisasi data berupa sistem yang berurut

d.            Kemampuan untuk berpikir secara sistematis

 

40. Salah satu manfaat pola adalah untuk...

a.            Agar semua hal menjadi teratur

b.            Mendeinisikan sebuah bentuk atau struktur yang tetap

c.            Membuat susunan hal menjadi rapi

d.            Membuat hal mudah dimengerti

 

41. Di bawah ini pengertian efisien yang kurang tepat adalah...

a.            Mengerjakan tidak membuang-buang waktu

b.            Menghemat tenaga dan biaya saat mengerjakan.

c.            Mampu menjalankan tugas dengan tepat dan cermat

a.            Membuat pekerjaan menjadi kacau

 

42. Bagaimana cara menyelesaikan berbagai persoalan dengan cara yang efektif dan efisien?

a.            Dengan cara berpikir komputasional

b.            Dengan cara bertanya

c.            Dengan cara asal-asalan

d.            Dengan cara yang rumit dan membutuhkan banyak waktu

 

43. Apa itu efisien?

a.            Menjalankan tugas dengan ceroboh 

b.            Dapat membawa hasil

c.            Berdaya guna

d.            Mangkir


44. Di bawah ini alasan yang tepat untuk belajar informatika adalah...

a.            Karena kemajuan nya teknologi digital

b.            Berlebihan soal digital

c.            Persatuan

d.            Kurang nya kemajuan digital di indonesia


45. Di bawah ini yang akan kita pelajari di informatika adalah...

a.            TIK ( Teknologi Informasi Dan Komunikasi ) 

b.            AK ( Algotrima Dan Komputer )

c.            BS ( Berpikir Sistematis )

d.      JKD ( Jaringan Komputer Dan Data )

 

46. Di bawah ini manakah alasan yang benar untuk belajar informatika?

a.            Memudahkan untuk bermain game

b.            Agar terlihat keren

c.       Agar dapat berselisih dengan teman

d.            Karena berada di era digital 

 

47.  Manakah yang bukan merupakan bidang- bidang pengetahuan informatika?

a.            Berpikir Komputasional

b.            Teknologi Informasi Dan Komunikasi

c.            Sistem Komputer

d.            Sistem Coding 

 

48. Yang termasuk ciri-ciri profil pelajar pancasila di bawah ini adalah...

    1.Kreatif

    2. Jujur 

    3. Bernalar kritis

    4. Bergotong royong

    5. Tanggung jawab

a.            1, 2, 3

b.            1, 3, 4

c.            2. 3. 5

d.            3, 4, 5

 

49. Mengomunikasikan hasil kerja dapat dilakukan dengan cara…

a.            Infografis dan poster

b.            Infografis dan presentasi

c.            Presentasi dan poster

d.            Poster dan lagu 

 

50. Dalam Informatika, kita perlu mengkombinasikan tiga hal. Yaitu principles, practice, and invention. Atau dalam bahasa Indonesia berarti prinsip, praktik, dan…

a.            Panduan

b.            Program

c.            Penemuan

d.            Pola

\













Sekian soal-soal pilihan ganda Informatika Bab 1 Kelas 7. Semoga bermanfaat :))

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh. 

Comments