- Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat
1. Ilmu informatika adalah...
a.
Perhitungan
dengan menggunakan komputer
b.
Bidang
ilmu mengenai studi perancangan dan pembuatan sistem komputasi
c.
Membina
budaya kerja masyarakat digital dalam tim yang inklusif
d.
Mengembangkan
dan menggunakan abstraksi
2. Apa
istilah Informatika dalam bahasa Inggris?
a.
Computer
b.
Science
c.
Computer
Science
d.
Information
Technology
3. Masyarakat
di era industri 4.0 disebut…
a.
Society
4.0
b.
Society
5.0
c.
Society
6.0
d.
Society
7.0
4. Apa itu
berpikir komputasional?
a.
Suatu
kerangka dan proses berpikir yang mencakup perangkat lemah, perangkat padat,
dan menalar (reasoning) mengenai sistem dan persoalan
b.
Suatu
kerangka dan proses berpikir yang mencakup perangkat lemah, perangkat lunak,
dan menalar (reasoning) mengenai sistem dan persoalan
c.
Suatu
kerangka dan proses berpikir yang mencakup perangkat keras, perangkat lunak,
dan menalar (reasoning) mengenai sistem dan persoalan
d.
Bidang
ilmu mengenai studi perancangan dan pembuatan sistem komputasi
5. Yang
termasuk sebagai Profil Pelajar Pancasila adalah..
a.
Sombong
b.
Adil
c.
Pemalas
d.
Kreatif
6. Agar
bekerja dalam kelompok menjadi efisien dan efektif, hal-hal yang harus kita
lakukan adalah..
a.
Tidak
mengerjakan sesuai tugas yang diberikan
b.
Tidak
memilih ketua kelompok
c.
Mengerjakan
peran teman
d.
Pembagian
peran
7.
Informatika mencakup...
a.
Keilmuan,
rekayasa budaya, dan teknologi
b.
Keilmuan,
rekayasa sosial, dan teknologi
c.
Keilmuan,
rekayasa, dan teknologi
d.
Keilmuan,
rekayasa genetika, dan teknologi
8. Pemanfaatan TIK sebagai alat pembelajaran dalam dunia pendidikan tidaklah cukup karena saat ini dunia global telah memasuki era revolusi industri..
a. Generasi kedelapan
b. Generasi ketujuh
c. Generasi keempat
d. Generasi keenam
9. Yang
harus dilakukan sebelum bekerja kelompok adalah …
a.
Bermain
bersama
b.
Membuat
perencanaan kerja kelompok
c.
Memesan
gofood untuk makan bersama teman sekelompok
d.
Jalan-jalan
10.
Berikut ini adalah contoh profil pelajar pancasila, kecuali..
a.
Daya
nalar kritis
b.
Kreatif
siswa
c.
Tidak
bergotong royong
d.
Berkebhinekaan
global
11. Apa
fungsi pola?
a.
Untuk
mengedukasi, himbauan, ajakan, dan lainnya
b.
Untuk
menyampaikan sebuah gagasan atau ide dengan maksud tertentu
c.
Untuk
mengorganisasi dan menganalisa suatu data
d.
Untuk
mendefinisikan sebuah bentuk atau struktur yang tetap
12.
Mengapa kita perlu belajar informatika?
a.
Agar
bisa menjadi pro player Mobile Legend
b.
Mempersiapkan
diri di era digital
c.
Untuk
menambah teman
d.
Menambah
wawasan tentang perakitan komputer
13. Apa isi sebuah infografis?
a. Video berupa penjelasan suatu materi
b. Ringkasan sebuah materi
c. Informasi teks dan gambar atau grafik lain
d. Penggambaran atau ciri-ciri sebuah obyek, hal, atau peristiwa
14. Apa
salah satu contoh aspek informatika?
a.
Membina
budaya kerja masyarakat digital dalam tim yang eksklusif
b.
Merendahkan
rencana pengujian dan mendokumentasikan hasil artefak komputasi
c.
Memahami
persoalan dan tujuan bersama
d. Mengembangkan
dan menggunakan abstraksi
15.
Informatika merupakan sebuah disiplin ilmu yang mencari pemahaman dan
mengeksplorasi dunia..
a.
Sekitar
rumah
b.
Sekitar
kita
c.
Sekitar
sekolah
d.
Sekitar
masyarakat
16. Apa
yang dimaksud dengan algoritma?
a.
Pola
atau konsep untuk mendefinisikan sebuah bentuk atau struktur
yang tetap
b.
Sistem
berisi langkah-langkah untuk mengerjakan sesuatu
c.
Bagian-bagian
komputer, perangkat lunak, perangkat keras, dan data
d.
Menyelesaikan
persoalan sehari-hari menggunakan konsep keilmuan dan sains
17. Hal
yang diperhatikan untuk melakukan presentasi adalah...
a.
Alat
bantu (pointers)
b.
Kata
kunci di presentasi
c.
Jumlah
slide presentasi harus melebihi 5 slide
d.
Estetika ruang presentasi
18.
Berikut ini, yang bukan merupakan salah satu bidang ilmu informatika adalah…
a.
Sistem
Komputasi (SK)
b.
Jaringan
Komputer dan Internet (JKI)
c.
Praktika
Lintas Bidang (PLB)
d.
Algoritma
dan Data (AD)
19.
Sistem komputer pada hakikatnya meniru dunia ini untuk dijadikan dunia digital
sehingga bisa membantu peran..
a.
Manusia
b.
Hewan
c.
Tumbuhan
d.
Robot
20.
Fondasi berpikir komputasional dikenal dalam ilmu informatika yaitu..
a.
AADP
(Abstraksi, Algoritma, Dekomposisi, dan Pola)
b.
PPDA
(Pola, Praktik, Data, dan Algoritma)
c.
APPD
(Algoritma, Panduan, Prinsip, dan Dekomposisi)
d.
ADPA
(Abstraksi, Data, Panduan, dan Algoritma)
21.
Berikut adalah konsep kurikulum Informatika kelas 7, kecuali...
a.
Berkolaborasi
untuk melaksanakan membina tugas dengan tema komputasi
b.
Mengetahui
dampak informatika secara sosial dan sains (DSI)
c.
Mengembangkan
dan menggunakan abstraksi dengan baik
d.
Mengenal
sejarah dan perkembangan informatika dari masa ke masa
22.
Berpikir Komputasional: dalam materi ini, kalian akan belajar menyelesaikan
persoalan-persoalan sehari-hari yang di baliknya mengandung berbagai macam
konsep keilmuan, kecuali...
a.
Matematika
b.
Sains
c.
Ilmu
sosial
d.
PPKN
23.
Yang harus dihindari dalam bekerja kelompok adalah…
a.
Melakukan
pembagian tugas kepada setiap anggota kelompok
b.
Berselisih
akibat perbedaan pendapat
c.
Ketika
terdapat perbedaan pendapat, langsung dilakukan musyawarah
d.
Bekerja
sama untuk menumbuhkan sikap bergotong royong
24. Di
bawah ini yang merupakan jawaban yang kurang tepat dari tujuan infografis
adalah …
a.
Mengedukasi
masyarakat
b.
Lebih
mudah dipahami
c.
Lebih
sulit dipahami
d.
Menghimbau
masyarakat
25.
Dengan berpikir komputasional, kita dapat menyelesaikan suatu masalah dengan …
a.
Cara
yang sangat rumit dan memakan banyak waktu
b.
Cara
yang paling efisien dan menghasilkan pekerjaan yang baik
c.
Cara
yang cepat namun mendapatkan hasil yang kurang sempurna
d.
Cara
yang sulit dipahami
26.
Komputer banyak dipergunakan dalam kehidupan sehari-hari untuk mempermudah
kehidupan, atau membantu penyelesaian berbagai permasalahan yang kita hadapi.
Cara kerja komputer menyerupai cara kerja…
a.
Manusia
b.
Robot
c.
Hewan
d.
Tumbuhan
27. Apa
itu komputasi dalam matematika?
a.
Penghitungan
dengan menggunakan komputer
b.
Bidang
ilmu mengenai studi perancangan dan pembuatan sistem komputasi
c.
Penghitungan
dengan menggunakan simbol selain peubah-peubah yang dilaksanakan sesuai langkah yang
diberikan
d.
Penghitungan
dengan menggunakan bilangan-bilangan atau peubah-peubah yang dilaksanakan
berdasarkan urutan langkah yang diberikan
28.
Dalam kehidupan sehari-hari, terkadang kita perlu mengatur jadwal untuk
berbagai kegiatan. Cara untuk mengatur jadwal tersebut adalah dengan…
a.
Membuat
daftar/to-do list
b.
Optimasi
penjadwalan
c.
Pembuatan
data dan skema di komputer
d.
Berpikir
komputasional
29.
komponen yang dirangkai sehingga dapat bekerja dengan cara yang mirip dengan
manusia bekerja disebut…
a.
TV
b.
Komputer
c.
Motor
d.
Mobil
30.
Berikut ini yang merupakan ciri profil pelajar pancasila, kecuali..
a.
Beriman,
bertakwa kepada Tuhan YME
b. Tidak
kreatif
c.
Mandiri
d.
Bergotong
royong
31.
Setelah melalui Berapa tahun Informatika telah menjadi salah satu disiplin ilmu
yang saat ini sudah berdiri sendiri selama…
a.
45
tahun
b.
76
tahun
c.
20
tahun
d.
59
tahun
32.
Informatika adalah salah satu disiplin ilmu yang telah lama berdiri. Bidang
ilmu informatika mempelajari…
a.
Ilmu
hitam
b.
Ilmu
sihir
c.
Ilmu
sains
d.
Ilmu
komputer
33.
Daftar belanja ibu yang dibawa ketika ibu akan ke pasar dan daftar nama siswa
dalam sebuah kelas merupakan…
a.
Optimasi
penjadwalan
b.
Representasi
data
c.
Struktur
data
d.
Sistem
algoritma
34.
Salah satu kegiatan dalam kehidupan sehari-hari yang dibantu oleh komputer
adalah…
a.
Mengikuti
pembelajaran dengan aplikasi zoom meeting
b.
Membaca
buku
c.
Menulis
cerita di buku tulis
d.
Bermain
lompat tali
35.
“Dalam kehidupan sehari-hari, sering kali kita dihadapkan pada banyak pilihan.
Pilihannya bisa terdiri atas dua kemungkinan atau lebih. Jika hanya terdiri
atas dua kemungkinan, biasanya jawabannya adalah ya atau tidak. Sebagai contoh:
Apakah hari ini kalian sarapan roti? Jawabannya ialah ya atau tidak.”
Pernyataan tersebut adalah contoh dari…
a.
Representasi
data
b.
Struktur
data
c.
Optimalisasi
penjadwalan
d.
Algoritma
dan pemrograman
36.
Yang dimaksud dengan efisien menurut KBBI adalah…
a.
ada
efeknya (akibatnya, pengaruhnya, kesannya); dapat membawa hasil; berhasil guna
(tentang usaha, tindakan); mangkus.
b.
tepat
atau sesuai untuk mengerjakan (menghasilkan) sesuatu (dengan tidak membuang-buang waktu, tenaga, biaya); mampu menjalankan tugas dengan tepat dan
cermat; berdaya guna; bertepat guna; sangkil.
c.
melakukan
pekerjaan dengan cepat dan membuahkan hasil yang kurang sempurna.
d.
membuang-buang
waktu dengan melakukan pekerjaan menggunakan cara yang rumit dan tidak efektif.
37.
Buku Kerja Siswa adalah...
a.
Hasil
kerja siswa selama 3 tahun
b.
Hasil
kerja siswa selama 1 tahun
c.
Hasil
kerja siswa selama 1 semester
d.
Hasil
kerja siswa selama 1 bulan
38. Di bawah ini yang tidak termasuk 7 aspek informatika adalah...
a. Mendokumentasikan hasil artefak komputasi
b. Berkolaborasi untuk melaksanakan tugas dengan tema Komputasi
c. Mengembangkan dan menggunakan abstraksi
d. Mengembangkan bakat menulis secara digital
39.
Seorang peserta pertandingan olahraga diperbolehkan mengikuti pertandingan jika
sudah menyerahkan formulir pendaftaran dan lolos dari pemeriksaan kesehatan
adalah contoh dari…
a.
Algoritma
berupa pola dan aturan tertentu
b.
Optimasi
penjadwalan untuk melakukan pekerjaan secara efektif
c.
Strukturisasi
data berupa sistem yang berurut
d.
Kemampuan
untuk berpikir secara sistematis
40. Salah satu manfaat
pola adalah untuk...
a.
Agar
semua hal menjadi teratur
b.
Mendeinisikan
sebuah bentuk atau struktur yang tetap
c.
Membuat
susunan hal menjadi rapi
d.
Membuat
hal mudah dimengerti
41. Di
bawah ini pengertian efisien yang kurang tepat adalah...
a. Mengerjakan
tidak membuang-buang waktu
b.
Menghemat
tenaga dan biaya saat mengerjakan.
c.
Mampu
menjalankan tugas dengan tepat dan cermat
a.
Membuat
pekerjaan menjadi kacau
42.
Bagaimana cara menyelesaikan berbagai persoalan dengan cara yang efektif dan
efisien?
a.
Dengan
cara berpikir komputasional
b.
Dengan
cara bertanya
c.
Dengan
cara asal-asalan
d.
Dengan
cara yang rumit dan membutuhkan banyak waktu
43. Apa
itu efisien?
a.
Menjalankan
tugas dengan ceroboh
b.
Dapat
membawa hasil
c.
Berdaya
guna
d.
Mangkir
44. Di
bawah ini alasan yang tepat untuk belajar informatika adalah...
a.
Karena
kemajuan nya teknologi digital
b.
Berlebihan
soal digital
c.
Persatuan
d.
Kurang
nya kemajuan digital di indonesia
45. Di
bawah ini yang akan kita pelajari di informatika adalah...
a.
TIK (
Teknologi Informasi Dan Komunikasi )
b.
AK (
Algotrima Dan Komputer )
c.
BS (
Berpikir Sistematis )
d. JKD (
Jaringan Komputer Dan Data )
46. Di
bawah ini manakah alasan yang benar untuk belajar informatika?
a.
Memudahkan untuk bermain game
b.
Agar terlihat keren
c. Agar dapat berselisih dengan teman
d. Karena berada di era digital
47.
Manakah yang bukan merupakan bidang- bidang pengetahuan informatika?
a.
Berpikir
Komputasional
b.
Teknologi
Informasi Dan Komunikasi
c.
Sistem
Komputer
d.
Sistem
Coding
48.
Yang termasuk ciri-ciri profil pelajar pancasila di bawah ini adalah...
1.Kreatif
2.
Jujur
3.
Bernalar kritis
4.
Bergotong royong
5.
Tanggung jawab
a.
1, 2, 3
b.
1, 3, 4
c.
2. 3. 5
d.
3, 4, 5
49.
Mengomunikasikan hasil kerja dapat dilakukan dengan cara…
a.
Infografis
dan poster
b.
Infografis
dan presentasi
c.
Presentasi
dan poster
d.
Poster
dan lagu
50. Dalam Informatika, kita perlu mengkombinasikan tiga hal. Yaitu principles, practice, and invention. Atau dalam bahasa Indonesia berarti prinsip, praktik, dan…
a. Panduan
b. Program
c. Penemuan
d. Pola
\
Comments
Post a Comment