Pekan Pertama PTMT Semester 2 di SMP Labschool Jakarta

Assalamu’alaikum! Kenalin, aku Myiesha Anifa Malaika Putri dari kelas 7D SMP Labschool Jakarta. Kali ini, aku mau ceritain pengalamanku selama pekan pertama PTM. Kayak yang kalian tahu, setelah liburan akhir tahun, para siswa dikejutkan (Nggak terkejut-terkejut amat sih. Tapi di Twitter pada rame) dengan berita bahwa diadakannya PTM (Pembelajaran Tatap Muka) 100%. Pekan ini kelas 7 mendapat giliran PTM pada hari Senin, Rabu, dan Jumat. Mulai dari pukul 06.50 hingga pukul 12.00.

Malam sebelum PTM hari pertama di semester 2, aku menyiapkan hal-hal yang diperlukan untuk keesokan hari. Mulai dari seragam, buku-buku pelajaran untuk besok, dan alat tulis. Agar besok tidak terlambat, aku memutuskan untuk tidur lebih awal dan memasang alarm untuk berjaga-jaga agar tidak kesiangan. Malam-malamnya sempet nggak bisa tidur karena mikirin ‘apa yang bakal terjadi besok’. Kayak mikir “Besok duduknya di mana, ya?” “Kalo besok terlambat gimana?” “Besok pelajarannya gimana, ya?” dan banyak hal lainnya. Tapi nggak tau kenapa tiba-tiba ketiduran. 


Hari Pertama, Senin 3 Januari 2022

Keesokan harinya, aku bangun pada pukul setengah lima. Setelah bersiap-siap mandi, shalat, memakai seragam, dan sarapan, aku langsung berangkat dari rumah ke sekolah. Rumahku terbilang cukup jauh dari SMP Labschool Jakarta (di planet Bekasi ya ges ya). Karena itu, tepat pada pukul setengah 6, aku berangkat ke sekolah dan sampai di sekolah pukul setengah tujuh. Sesampainya di sekolah, aku mencuci tangan dan mengecek suhu. Di depan pintu sekolah juga ada beberapa guru yang menyambut para siswa. Kemudian, aku masuk ke sekolah dan scan qr di aplikasi Pedulilindungi. Setelah itu, aku muter-muter keliling sekolah untuk nyari kelas 7D. Kirain kelasnya di atas, ternyata kelasnya di deket kantin. Aku duduk di bangku baris ke tiga deket jendela, nggak tau kenapa tapi itu kayaknya spot bagus biar nggak ke-notice guru (gak ditunjuk gitu). Oke lanjut aja. Sebelum pelajaran pertama di mulai, Pak Agung masuk ke kelas dan memberikan beberapa pengarahan Pembelajaran Tatap Muka + sedikit ngelawak juga. 

Setelah itu, pelajaran pertama dimulai, yaitu IPS Bu Titin. Materi hari ini adalah Permintaan dan Penawaran. Walaupun waktunya sedikit kepotong karena ada sedikit kendala saat pelajaran IPS (sound laptopnya ilang), tapi pelajarannya tetep seru. Pelajaran kedua adalah Matematika Pak Fathir. Kami belajar tentang garis dan sudut. Pelajaran matematika selesai, dan dilanjut dengan istirahat selama 30 menit. Ada yang saat istirahat main ke luar kelas, keliling-keliling sekolah, main game/hp/pushrank, ada juga yang makan bekal. 

Istirahat selesai dan masuk ke pelajaran Bahasa Indonesia (Pak Ali Topan). Di pelajaran Bahasa Indonesia, kami nggak belajar (yey :D) dan ngereview pelajaran/nilai semester lalu. Selain itu, kami juga ngintip-ngintip sedikit materi Bahasa Indonesia semester dua. Tepat pada pukul 12, bel berbunyi. Sebelum pulang, kami sholat Dzuhur berjamaah dulu. Biasanya setelah shalat berjamaah, ada kultum/ceramah singkat dari perwakilan tiap kelas. Sebelum shalat dimulai juga kami mengucapkan asmaul husna bareng-bareng. Setelah sholat Dzuhur berjamaah, kami pulang deh. Pokoknya hari pertama PTM ini seru. ***** Bintang 5.


Hari kedua PTM, Rabu 5 Januari 2022

Pada hari kedua, aku nyoba bangun lebih awal biar pas persiapan nggak terburu-buru. Kali ini, aku sampai di sekolah sekitar jam 06.20. Bel bunyi pada jam 06.50, bukan pas jam 7. Awalnya aku kira ini bel ngelag, ternyata emang harusnya mulai tadarus jam 06.50. Pelajaran pertama adalah matematika Bu Mifta. Sebelum masuk ke materi, Bu Mifta bikin game-game seru. Kayak game tepok nyamuk, atau apalah itu yang pake clue-clue an. Walau nggak ngerti itu game apaan, tapi tetep seru. Apalagi yang game “Jika – Maka”. Jadi yang cowo disuruh nulis di kertas dengan awalan ‘jika’. Misalnya: ‘jika aku jadi anak Pak Somat’. Terus yang cewe nulis dengan awalan ‘maka’. Contohnya: ‘maka aku akan kayang di monas’. Nah, abis itu kalimatnya disambungin. Jadinya ‘jika aku jadi anak Pak Somat, maka aku akan kayang di monas’. Banyak kalimat yang nggak nyambung tapi tetep ngakak. Ada juga game cari kata-kata yang berhubungan dengan materi matematika kali ini, yaitu Perbandingan. 

Setelah pelajaran matematika, ada pelajaran IPS dan IPA. Materi IPS adalah tentang potensi sumber daya alam dan IPA materinya tentang sel-sel. Di pelajaran IPA, Pak Agung bilang kalau nanti aka nada praktik membedah hewan. Penasaran, tapi agak kasian sama hewan yang dibedah. Hari ini juga ada rapat LabsMozaik di teater kecil setelah pelajaran selesai. Seusai rapat dan shalat, hari ini juga diadakan pembagian rapor. Para orangtua dan guru melaksanakan pembagian rapor secara offline. Agak ketar-ketir sih karena pembagian rapor. Tapi ya jalanin ae lah ya.

 

Hari Ketiga, Jumat 7 Desember

Pagi ini, aku bangun lebih pagi lagi daripada hari Rabu. Karena pagi-paginya ada rapat LabsMozaik pada pukul setengah tujuh. Pada jam yang sama, diadakan juga kegiatan Ibadah Angkatan. Setelah Ibadah Angkatan selesai, pelajaran pertama pun di mulai. 

Pelajaran pertama pada pagi ini adalah Informatika. Sebelumnya Omjay memberitahu untuk membawa laptop ke sekolah. Pada pelajaran Informatika, kami belajar tentang cara membuat blog dan memanfaatkan internet dengan baik. 

Dilanjut dengan pelajaran kedua yaitu PPKn. Pak Warisno memberi materi tentang keberagaman di Indonesia. Hingga pada pelajaran terakhir, IPA, kami praktikum di laboratorium biologi. Kami kali ini praktikum menggunakan mikroskop. Praktikum kali ini seru banget karena aku belum pernah menggunakan mikroskop. Seusai praktikum, ketika para siswa laki-laki shalat Jumat, kami para siswi melaksanakan keputrian di teater kecil.

 

Menurutku, Pembelajaran Tatap Muka Full di SMP Labschool Jakarta seru! Tahun kemarin PTMT-nya nggak full satu kelas, jadi kurang rame. Tapi sekarang kelasnya jadi rame banget! Bisa ngobrol langsung sama temen-temen juga. Tapi minggu ini aku belum sempet keliling-keliling Labschool, khususnya ke perpus. Pengen banget ke perpus labs! Mungkin minggu depan aku bakal ngunjungin perpustakaannya Labschool. Kalian udah pernah ke perpus blom?? Di perpus ada buku-buku Serial Bumi nggak? Hwehwehwew.

Di bawah ini juga aku lampirin video PTM saat hari Jumat kemarin. Okee mungkin segini aja dari aku. Semoga harimu suram menyenangkan :)



Comments

  1. kegiatan PTM yg menyenangkan di smp labschol jakarta

    ReplyDelete
  2. blog nya bagus banget myieshaa, tetep semangatt

    ReplyDelete
  3. Pengalaman yang lucu Myiesha, hehehe, jadi seru buat dibaca

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. "Aku duduk di bangku baris ke tiga deket jendela, nggak tau kenapa tapi itu kayaknya spot bagus biar nggak ke-notice guru (gak ditunjuk gitu)."

    PANTESS

    "Contohnya: ‘maka aku akan kayang di monas’. Nah, abis itu kalimatnya disambungin. Jadinya ‘jika aku jadi anak Pak Somat, maka aku akan kayang di monas’"

    contohnya ngakak 😆

    blognya keren banget shaa !!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan kasih tau ke guru ya, ntar tempat duduknya malah dipindahin wkwkwk. Tengkyu Aqilaa

      Delete

Post a Comment