Liputan Digital Labs 2022


Halo semuanya! Hari ini, aku mau nyeritain pengalaman aku di digital labs 2022. Sebelumnya, aku mau ngasih tau dulu nih. Digital Labs itu adalah acara yang dipelopori salah satu orang tua murid dari POMG yang mengundang sosok-sosok di bidang digital/teknologi dan membuat project tentang sesuatu yang berkaitan dengan dunia digital. Tahun ini, Digital Labs dilaksanakan lagi dengan tema Think Creative & Be Innovative in Digital Era.

Kelas 7 mempelajari tentang koding. Kelas 9 tentang konten-konten di media sosial. Sedangkan kelas 8 akan membahas tentang animasi. Aku seneng banget kelas 8 ngebahas animasi, karena aku tertarik sama dunia animasi. Nah, untuk membahas tentang animasi, SMP Labschool Jakarta mengundang kakak-kakak dari Hellomotion untuk memberi materi tentang animasi. Pematerinya adalah Mas Wahyu Aditya (fyi, anaknya mas wahyu sekolah di SMP Labschool Jakarta lho!) yaitu founder Hello Motion Academy. Selama materi, kami diajarkan seluk beluk animasi secara detail serta gambaran besarnya. Awalnya, kami ditunjukkan animasi karya hellomotion academy. Judulnya "Tahi Sapi". Animasinya kocak banget!

Kami diajarkan tentang seluk beluk animasi, serta dikenalkan dengan sebuah sekolah animasi, yaitu Hellomotion Academy. Kami juga diajak untuk mengenal unsur-unsur animasi, yaitu diantaranya adalah keyframe, anticipation, in between, dan timing. Setelah itu, kami diajarkan cara membuat animasi stop motion sederhana menggunakan sticky notes, spidol, dan aplikasi VN.

Sebelum praktik membuat animasi, kami membentuk kelompok terlebih dahulu. Aku sekelompok dengan Alya, Kaira, Naila, dan Kinaya. Awalnya kami bingung banget mau bikin animasi apa. Apalagi, waktu untuk membuatnya juga sebentar banget! Cuma satu jam! Setelah bagi-bagi tugas, akhirnya animasi kelompok kita selesai juga.

Setelah selesai membuat animasi, kami kembali ke kelas dan belajar kembali. Aku seneng banget bisa ikut Digital Labs, karena materinya seru banget! Alhamdulillah, animasi kelompok kami juara 3 dan dapet 100 ribu, hehe. 

Oke, segini aja liputan Digital Labs nya. Terima kasih, dan semoga bermanfaat!

Comments