Soal dan Jawaban Ulangan Harian Informatika

 JAWABAN ULANGAN HARIAN INFORMATIKA KELAS 8

 Myiesha Anifa Malaika Putri (26) 8F


1.      Di dunia yang saat ini memasuki era Revolusi Industri 4.0 dan Masyarakat 5.0, Informatika merupakan salah satu disiplin ilmu yang wajib dikuasai oleh setiap orang, dan aspek praktisnya sudah diperlukan sejak usia dini. Akibatnya, di banyak negara, informatika mulai diajarkan sejak usia lebih dini, khususnya untuk membentuk pola pikir yang disebut berpikir komputasional (computational thinking), yang merupakan salah satu literasi baru, sejalan dengan literasi digital. Kurikulum Informatika terdiri atas 8 elemen. Sebutkan kedelapan elemen tersebut!

 

8 elemen Informatika di antaranya adalah :

1)      Berpikir Komputasional (BK)

2)      Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

3)      Sistem Komputer (SK)

4)      Jaringan Komputer dan Internet (JKI)

5)      Analisis Data (AD)

6)      Algoritma dan Pemrograman (AP)

7)      Dampak Sosial Informatika (DSI)

8)      Praktik Lintas Bidang (PLB)

 

2.      Aktivitas pembelajaran yang dilakukan pada kelas VIII polanya sama dengan kelas VII, yaitu ada aktivitas individu dan berkelompok. Aktivitas juga dapat dilaksanakan secara plugged (membutuhkan komputer) dan/atau unplugged (tidak membutuhkan komputer). Dengan adanya aktivitas-aktivitas unplugged, pembelajaran informatika tidak terpaku atau bergantung pada perangkat elektronik semata. Apakah siswa atau peserta didik dapat memahami konsep dan implementasi informatika dengan lebih baik dan bermakna dengan tidak menggunakan Komputer? Jelaskan pendapat kamu dalam bentuk kalimat.

 

Menurut saya, siswa dapat memahami konsep dan implementasi informatika dengan baik secara seimbang antara aktivitas plugged dan unplugged. Jika hanya menggunakan satu cara, misalnya tidak menggunakan komputer, maka aktivitas pembelajarannya tidak maksimal.

 

3.      Informatika adalah sebuah disiplin ilmu yang mencari pemahaman dan mengeksplorasi dunia di sekitar kita, baik natural (dunia dan alam sekitar kita) maupun artifisial (dunia maya, atau dunia digital yang diciptakan manusia). Informatika juga berkaitan dengan studi, pengembangan, dan implementasi dari sistem komputer, serta pemahaman terhadap prinsip-prinsip dasar pengembangan yang didasari pada pemahaman dunia nyata dan dunia artifisial tersebut. Ilmu informatika tidak eksklusif, tetapi banyak bersinggungan dengan bidang ilmu lain karena luasnya kemungkinan eksplorasi masalah yang akan diselesaikan. Sebutkan 6 prinsip yang perlu dipahami oleh siswa atau peserta didik dalam mempelajari Informatika!

 

Prinsip-prinsip yang perlu dipelajari tersebut adalah;

 

1. Informatika didasari berpikir komputasional (computational thinking) sebagai landasan berpikir. Berpikir merupakan elemen paling penting dalam belajar.

2. Informatika bukan hanya memakai gawai atau komputer, tetapi juga memakai aplikasi (perangkat lunak) dan memahami sistem komputasi. Informatika merupakan salah satu cabang ilmu seperti halnya matematika, biologi, dan ekonomi.

3. Informatika terdiri atas konsep keilmuan dan praktik, dikemas dalam aktivitas pembelajaran yang diharapkan akan menjadi pengalaman belajar yang menyenangkan, bermakna, dan berkesan untuk kemudian dapat diterapkan dalam menyelesaikan persoalan kehidupan sehari-hari.

4. Informatika merupakan ilmu yang berinteraksi dengan semua bidang lain. Oleh sebab itu, setelah belajar Informatika, kalian perlu memikirkan: Apa kaitannya dengan mata pelajaran dan bidang lain? Apa yang kudapatkan pada pembelajaran Informatika?

5. Pembelajaran Informatika akan mendidik kalian suatu hari menjadi pencipta ide, karya digital kreatif, aplikasi atau sistem komputasi di dunia digital, bukan hanya sebagai pengguna teknologi atau konsumen produk.

6. Pembelajaran Informatika kelas VIII ini dilakukan sebagai kelanjutan pembelajaran kelas VII, untuk pendalaman konsep Informatika dan pembentukan keterampilan dan pembentukan karakter yang mencerminkan Profil Pelajar Pancasila.

 

4.      Ternyata, belajar Informatika tidak selalu harus menggunakan komputer! Justru dengan memerankan diri sebagai komputer atau robot, kita mengalami dan memahami fungsi sistem komputasi. Nah mempelajari Informatika ternyata bukan hanya hal praktis menggunakan komputer. Namun, kalian perlu bermain, mengalami, berpikir, melakukan refleksi, merenung tentang aspek keilmuan yang melatarbelakangi komputer. Coba kalian tuliskan dan berikan contoh belajar informatika tanpa menggunakan Komputer dan internet!

 

Pelajaran informatika tidak harus menggunakan komputer. Ilmu informatika ada di sekitar kita, tidak hanya yang berhubungan dengan komputer. Contohnya adalah informatika Berpikir Komputasional. Misalnya dengan mempelajari prosedur-prosedur sesuatu sesuai dengan cara kerja berpikir komputasional. Contohnya adalah ketika belajar cara membuat mi goreng. Contoh lainnya adalah belajar menyelesaikan masalah dengan konsep informatika, seperti membuat peta pikiran dan menyelesaikan maze/puzzle.

 

5.      Semua pelajaran dalam kurikulum Indonesia ditujukan untuk membentuk Profil Pelajar Pancasila. Apa definisi Profil Pelajar Pancasila? Rumusan Profil Pelajar Pancasila adalah “Pelajar Indonesia merupakan pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila.” Pernyataan ini memuat tiga kata kunci: pelajar sepanjang hayat, kompetensi global, dan pengamalan nilai-nilai Pancasila. Profil tersebut dinyatakan dalam enam dimensi, Sebutkan keenam dimensi Profil pelajar pancasila tersebut!

 

Profil tersebut dinyatakan dalam enam dimensi, yaitu: Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia; Berkebinekaan global; Bergotong royong; Mandiri; Bernalar kritis; dan Kreatif.

 

6.      Selain mempermudah kehidupan sehari-hari, Informatika akan membantu kalian untuk menyiapkan diri sebagai warga dunia digital, yaitu dunia maya melalui internet. Di dunia digital, warga digital juga perlu cara komunikasi, sopan santun dan etika, serta membangun kebiasaan-kebiasaan baik yang menumbuhkan karakter warga digital yang baik pula. Karena kehidupan dunia digital seiring dan sejalan dengan dunia nyata, kalian harus berkarakter baik di dunia nyata maupun dunia digital. Bagi pelajar Indonesia, karakter yang baik ini dirumuskan sebagai Profil Pelajar Pancasila. Apakah selama ini kamu sudah menjalankan kegiatan sehari-hari dengan mengacu kepada Profil Pelajar Pancasila? Tuliskan jawabanmu dalam bentuk kalimat dan jelaskan apa saja yang sudah kamu lakukan dalam kegiatan sehari-hari!

 

Ya, saya sudah menjalankan kegiatan sehari-hari mengacu pada Profil Pelajar Pancasila. Saya juga berusaha untuk selalu mengamalkan 6 profil pelajar pancasila. Penerapannya adalah dengan beribadah dan menjalankan kewajiban agama serta menjauhi apapun yang dilarang agama. Kemudian, saya juga selalu menghargai sesama teman dan orang lain sesuai kalimat “berkebinekaan global”, membantu teman dan bekerja sama dalam tugas kelompok, berusaha menyelesaikan masalah dengan konsep berpikir kritis dan komputasional dengan mandiri tanpa merepotkan orang lain (mandiri), dan menciptakan suatu inovasi dan berpikir kreatif dalam kegiatan sehari-hari.

 

7.      Saat membahas materi tentang berpikir komputasional (BK), analisis data (AD), alogitma dan pemrograman (AP), dan dampak sosial informatika (DSI), kalian akan mengasah kemampuan bernalar kritis dan kreatif. Dalam proses belajar berbagai materi dalam Informatika, kalian belajar untuk mandiri saat mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh guru. Kalian juga akan mengembangkan kemampuan bergotong royong, bernalar kritis, dan kreatif saat berdiskusi dan berkreasi menyelesaikan atau membuat proyek secara berkolaborasi dalam kelompok. Proyek apa yang sudah kalian kerjakan dari guru INFORMATIKA secara berkelompok?

 

Ketika kelas 7, guru informatika saya (Omjay) sering memberi tugas kelompok. Seperti tugas membuat rangkuman dan presentasi bab-bab informatika. Tugas secara berkelompok ini sangat bermanfaat untuk melatih komunikasi dan kerja sama dengan teman, juga membuat tugas semakin cepat selesai, efektif dan efisien.

 

8.      Apakah kalian telah menerapkan berpikir komputasional (BK) untuk menyelesaikan persoalan persoalan sehari-hari? Tuliskan dalam bentuk kalimat dan berikan contoh-contohnya!

 

Berpikir Komputasional dapat diterapkan di kehidupan sehari-hari agar kegiatan tersebut dapat berjalan dengan baik, efektif, dan efisien. Misalnya, dalam penjelasan ramalan cuaca dengan memperhatikan pola-pola alam disekitar merupakan penerapan berfikir komputasional sehari-hari. Selain itu, berpikir komputasional dengan penerapan pengenalan pola juga dapat dilakukan ketika membuat kue. Selain itu contohnya adalah ketika berangkat dan pulang sekolah. Kita bisa memperkirakan berapa lama waktu yang diperlukan untuk sampai ke sekolah, jaraknya, dan harus berangkat pada pukul berapa agar tidak terlambat masuk sekolah.

 

9.      Siswa mampu mengaplikasikan berbagai aplikasi perkantoran untuk menyelesaikan masalah yang melibatkan lebih dari satu aplikasi perkantoran. Tuliskan lebih dari tiga aplikasi perkantoran yang sudah kamu kuasai!

 

Saya menguasai beberapa aplikasi perkantoran seperti Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft Teams, dan Microsoft Powerpoint. Saya juga menguasai aplikasi seperti canva, adobe illustrator, dan lain sebagainya.

 

10.  Hasil belajar Informatika perlu dimunculkan menjadi computational artefact (artefak komputasional), hasil karya nyata, berupa ungkapan lisan, laporan, program komputer atau lainnya. Sebuah hasil karya nyata yang dibuat dengan komputer, bukan merupakan sebuah artefak komputasional jika tidak dihasilkan melalui proses berpikir komputasional. Misalnya, sebuah lembar kerja yang dihasilkan dari aplikasi hanya dengan menyalin saja, tidak dapat disebut sebagai artefak komputasional. Sebuah lembar kerja yang dihasilkan dari proses analisis, merancang, mempertimbangkan kebenaran dan efisiensi serta daya gunanya, akan mempunyai muatan sebagai artefak komputasional. Ini sama halnya dengan makna sebuah patung atau karya seni yang hanya merupakan replika dibandingkan dengan patung atau karya seni asli karya seniman perancangnya. Oleh sebab itu, kalian perlu berusaha mandiri untuk mengasah berpikir kritis dan kreatif dalam mengerjakan tugas-tugas. Informatika akan mengasah kemampuan kalian dalam berkarya yang bermakna dan berkualitas. Dari pertemuan pertama hingga pertemuan keenam, tugas-tugas apa saja yang sudah kalian kerjakan di blog? Tuliskan dengan lengkap alamat blog kamu!

 

·         Resume bab 1 Informatika Kelas 8

https://myiemolabs.blogspot.com/2022/07/jaringan-komputer-resume-bab-1-in.html

·         Rangkuman TIK

https://myiemolabs.blogspot.com/2022/07/rangkuman-teknologi-informasi-dan.html

·         PPT Aman Bermedia Digital

https://myiemolabs.blogspot.com/2022/08/aman-bermedia-digital.html

 

11.  Dalam proses belajar, tentunya kalian akan diminta mengerjakan soal[1]soal, membuat artefak komputasional, membuat program, atau karya-karya lainnya. Guru akan menilai jawaban dan hasil karya kalian. Sebagai contoh, sebuah laporan, infografis atau poster akan dinilai baik, bukan hanya dari tampilannya, tetapi juga dari makna, kebenaran, dan akurasi isinya. Konten yang salah dan tersebar, dapat membentuk pengetahuan yang salah buat banyak orang. Ini ibarat menebar virus jahat yang merusak kehidupan. Konten yang tidak presisi atau tidak akurat, akan berpotensi menimbulkan interpretasi yang salah dan membuat orang lain bertindak salah. Selain konten, sajian juga penting karena di zaman sekarang, orang tidak hanya peduli ke isi, tetapi juga kepada “kemasan”, keindahan kemasan. Format tampilan bukan hanya akan menarik minat pembaca, tetapi juga dapat memperjelas, mempermudah pemahaman dan memperkuat isinya. Proses kalian menghasilkan karya sehingga lebih efisien dan dapat diselesaikan tepat waktu, membutuhkan pemikiran sebelum bekerja. Buatlah sebuat cover buku bagian depan dan belakang yang berjudul Belajar Informatika di Kelas 8! Buatlah dengan aplikasi Canva atau aplikasi lainnya yang sudah kamu kuasai!





12.  Setelah mempelajari setiap elemen Informatika di kelas VII, apakah kalian dapat membuat peta pikiran atau peta konsep yang mengoneksikan elemen-elemen tersebut menjadi pengetahuan yang utuh? Kalau dapat, silahkan dibuatkan peta konsepnya dari sudut pandangmu sendiri!



13.  Pengalaman beraktivitas pada elemen yang mana yang paling berkesan dari 8 elemen informatika? Mengapa? Ceritakan dengan ringkas dan kalimat yang jelas!

 

Elemen yang paling berkesan menurut saya adalah Algoritma dan Pemrograman. Karena kami bisa membuat suatu program secara simple dan mudah. Dalam pengerjaan aplikasi tersebut juga sangat menyenangkan, seru, dan penuh tantangan.

 

14.  Apakah kalian dapat memberikan satu atau dua contoh pengalaman sehari-sehari kalian yang ternyata kalau dipikirkan kembali, adalah praktik dari informatika yang sudah dipelajari di kelas VII? Elemen apa yang menurut kalian merupakan muatan paling banyak dan paling penting?

 

Contoh pengalam sehari-hari yang ternyata adalah praktik informatika kelas 7 adalah ketika membuat mi goreng. Karena dalam pembuatan mi goreng terdapat langkah-langkah dan pola yang ada di elemen berpikir komputasional. Menurut saya, semua elemen informatika penting dan mempunyai setiap keunggulan dalam bidang masing-masing. Namun, elemen yang penerapannya paling banyak adalah elemen berpikir komputasional karena penerapan di kehidupan sehari-hari sangat banyak.

 

15.  Salah satu aspek penting informatika adalah mengorganisasi data agar menjadi informasi yang berguna. Hal ini akan kalian praktikkan, dengan mengorganisasi dan menyimpan data tentang kegiatan belajar sepanjang tahun, melalui jurnal kegiatan. Jurnal kegiatan akan dikumpulkan secara teratur dan konsisten sepanjang tahun, membentuk Buku Kegiatan Peserta Didik. Jadikanlah Buku Kegiatan Peserta Didik sebagai album kenangan yang merekam semua pengalaman kalian belajar Informatika! Buatlah sebuah album dengan Microsoft power point yang berisi jadwal mata pelajaran kamu dari hari Senen sampai Jumat!

 


16.   Ibunda atau ibu kalian memberi uang Rp. 100.000 (seratus ribu rupiah) untuk membeli gula pasir. Kalian pergi ke warung TERDEKAT membawa uang dan kalian kembali membawa gula (dan uang kembalian, jika Bunda memberi uang melebihi harga gula). Karena kalian sudah SMP dan sudah “teruji” pergi ke warung untuk membeli gula pasir yang diminta Bunda, Bunda tidak perlu merinci kepergian kalian ke warung. Hal yang penting, kalian berangkat dengan membawa uang dan kembali dengan membawa gula pasir sesuai pesan Bunda, serta uang kembalian jika memang bersisa. Contoh yang terakhir ini lebih dekat dengan konsep algoritma, dimana Bunda memberi kalian instruksi untuk membeli gula PASIR, dan karena kalian memahami instruksinya, kalian dapat melakukannya, yaitu “menukar” uang dengan gula pasir. Jika harga gula PASIR sebungkus Rp. 30.000, berapa bungkus gula kalian dapatkan? Apakah masih ada uang tersisa yang kalian kembalikan kepada Ibunda atau Ibu?


            Dengan uang Rp 100.000, kita bisa membeli 3 bungkus gula pasir. Di mana 30.000 x 3 = 90.000, jadi kembaliannya adalah Rp 10.000

 

17.  Bobo sedang bermain ke sebuah pabrik pembuat kue. Di pabrik tersebut, terdapat mesin yang dapat membentuk adonan kue menjadi bentuk-bentuk tertentu. Mesin tersebut memiliki tiga pintu masuk yang pada gambar ditandai dengan angka 1, 2, dan 3. Adonan kue akan dimasukkan ke dalam mesin melalui pintu masuk tersebut, mengalir di sepanjang jalur yang akan membawanya ke pintu keluar yang ditandai dengan huruf K. Gambar 2.3 Mesin Pembentuk Adonan Pada jalur-jalur mesin, terdapat alat pembentuk adonan yang dapat mengubah bentuk adonan tertentu menjadi bentuk lainnya. Alat tersebut ditandai dengan sebuah garis ( ). Pada setiap alat, terdapat petunjuk mengenai bentuk awal adonan yang akan diubah (A) dan bentuk akhir adonan setelah melalui alat tersebut (B). Proses itu dituliskan dengan A à B, yang artinya “jika adonan berbentuk A melewati alat tersebut, adonan tersebut akan diubah menjadi bentuk B”. Jika adonan yang melalui alat tersebut tidak berbentuk A, adonan tidak akan mengalami perubahan bentuk. Contoh, jika ada adonan berbentuk segitiga melalui alat , adonan tersebut akan diubah menjadi bentuk lingkaran. Jika adonan yang melalui mesin tersebut berbentuk persegi atau lingkaran, tidak akan perubahan bentuk adonan. Tantangan: Jika Bobo ingin mendapatkan sebuah kue berbentuk persegi ketika keluar dari bagian K, bentuk adonan awal apa yang harus dimasukkan ke mesin dan dimasukkan ke pintu nomor berapa? Pilih salah satu: A. Berikan input adonan berbentuk lingkaran ( ) ke lubang input nomor 1. B. Berikan input adonan berbentuk lingkaran ( ) ke lubang input nomor 2. C. Berikan input adonan berbentuk segitiga ( ) ke lubang input nomor 2. D. Berikan input adonan berbentuk segitiga ( ) ke lubang input nomor 3. Jawaban kalian adalah: …….. Tuliskan dengan ringkas, cara kalian menyelesaikan masalah tersebut!. Jika kalian lebih suka menggambar, kalian juga boleh menuliskan cara penyelesaian dengan gambar. Kalian bisa membuka buku (OPEN BOOK) halaman 26 dan 27 Buku Informatika kelas 8!


        B. karena lingkaran ke jalur 2 menjadi persegi, ke jalur yang sama dengan 1 dan berubah menjadi segitiga kemudian lewat jalur K dari segitiga berubah menjadi persegi.

 

18.  Banyak hal dalam kehidupan sehari-hari dapat direpresentasikan dalam bentuk himpunan. Kita dapat mengambil kesimpulan dari pengolahan himpunan. Mari, kita lihat contoh sederhana berikut ini. Adik suka buah jeruk, mangga, dan jambu. Kakak suka rambutan, mangga, duku, dan buah naga. Seseorang bertanya kepada kalian dua buah pertanyaan. Pertanyaan pertama, “Buah apa sajakah yang disukai adik atau kakak?” Pertanyaan kedua, “Buah apa sajakah yang disukai adik dan kakak?” Tentunya, jawaban kalian berbeda. Untuk menjawab dua buah pertanyaan tersebut, kalian dapat menuliskan himpunan buah kesukaan adik dan kakak. Buah kesukaan adik = {jeruk, mangga, jambu}. Buah kesukaan kakak = {rambutan, mangga, duku, buah naga}. Untuk menjawab pertanyaan pertama, kalian perlu mencari hasil gabungan dari kedua himpunan tersebut yang menghasilkan himpunan baru, yaitu {jeruk, mangga, jambu, rambutan, duku, buah naga}. Untuk menjawab pertanyaan kedua, kalian perlu mencari irisan dari kedua himpunan tersebut, yaitu {mangga}. Buatlah gambar dalam bentuk power point yaitu irisan buah kesukaan adik, buah kesukaan kakak, buah kesukaan adik atau kakak, dan buah kesukaan adik dan kakak!

   

 


19.  Dalam kehidupan sehari-hari, tentunya kalian sering menemukan Langkah-langkah untuk mencapai sesuatu, misalnya langkah-langkah untuk memasak mie instan. Kumpulan langkah-langkah untuk menyelesaikan sebuah permasalahan itulah yang disebut algoritma. Tolong tuliskan langkah-langkah KAMU dalam membuat mie goreng!

 1. Langkah pertama dari cara memasak mie instan adalah masak air dalam panci sampai mendidih, kemudian masukkan mie instan sesuai selera. 

2. Atur waktu pada timer handphone sekitar 1 menit 45 detik. Durasi memasak ini membuat mie instan memiliki tekstur yang pas. 

3. Sembari menunggu, masukkan semua bumbu mie instan ke dalam wadah. 

4. Jika yang dimasak adalah mie goreng, segera angkat ketika waktu 1 menit 45 detik telah terlewati. Campurkan mie dengan bumbu yang sudah tersaji di atas piring dan mie siap disajikan bersama topping sesuai selera. 

5. Jika memasak mie rebus, angkat mie dan tuang bersama air rebusan (atau bisa juga dengan air panas baru). Kemudian aduk bersama bumbu. Anda bisa menambahkan mie instan dengan makanan pendamping seperti telur atau kerupuk.



20.  Pelaporan dan dokumentasi adalah salah satu pekerjaan yang sering kita lakukan. Laporan kegiatan, laporan keuangan, dan dokumentasi artefak komputasional ialah contoh dari laporan. Salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk pembuatan laporan ialah aplikasi pengolah kata. Aplikasi pengolah kata memiliki fitur yang banyak sehingga dapat dipergunakan untuk membuat laporan yang baik. Namun, dalam pembuatan laporan, kita sering dihadapkan dengan kebutuhan menggabungkan beberapa bentuk konten seperti laporan yang dilengkapi dengan analisis data, tampilan grafik dari data, maupun gambar dan peta di dalam laporan kita. Dengan menggabungkan kemampuan beberapa aplikasi, kalian dapat membuat hasil kerja kalian menjadi lebih baik dan menarik. Proses pembuatan laporan atau presentasi juga menjadi lebih efektif dan efisien. Buatlah slide presentasi singkat dari kunjungan museum ke Bogor sewaktu kalian kelas 7! (bagi yang tidak ikut, ceritakan keadaanmu saat itu)


https://www.slideshare.net/Myiesha2/wisata-edukasipdf

Comments